Virtual Reality (VR) Cardboard

Sejarah VR(Virtual Reality)
Pada tahun 1968, Ivan Shuterland dengan bantuan dari siswanya bernama Bob Sproull menciptakan apa yang secara luas dianggap sebagai pendahulu dari virtual reality dan sistem, yaitu Head Mounted DisplayTeknologi virtual reality yang lebih awal adalah Peta Bioskop Aspen, yang diciptakan oleh MIT pada tahun 1977. Programnya adalah suatu simulasi kasar tentang kota Aspen di Colorado.

Definisi VR(Virtual Reallity)
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment) dan mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.

Apa itu Cardboard ???


Cardboard besutan Google ini bisa disebut sebagai kacamata kardus yang mampu menyajikan konsep visualisasi 3 dimensi (3D) seperti perangkat headset Oculus Rift yang lebih rumit dan mahal. Google mulai memperkenalkan produk Cardboard ini pada peserta konferensi Google I/O di San Fransisco pada pertengahan Juni 2014. Keunggulan dari Cardboard VR adalah bisa dibuat dengan cukup mudah, oleh siapapun yang tertarik untuk mencoba VR. Dan bahkan disediakan template standar, yang bisa dengan mudah diprint dengan printer, dan kemudian bisa ditempelkan pada Carboard (Lembaran Kardus). 

Teknologi yang digunakan :
VRML (virtual reality modeling language), Merupakan suatu bahasa komputer untuk             membuat model objek 3 dimensi dalam dunia virtual. Prinsip yang digunakan oleh VRML adalah OP (object oriented programmating) atau bahasa pemrograman yang berbasis oriented object . Vrml juga dapat digunakan untuk membuat modeling object yang bergerak. Walau sebelumnya diperkirakan akan mati, tapi ternyata makin banyak aplikasi lain yang mengintegrasikan dukungan format file VRML.

Spesifikasi Smartphone yang Mendukung VR
1. Android 4.1 (Jelly Bean) ke atas
2. Handphone harus memiliki fitur sensor Accelorometer dan Gyroscope

Bahan Pembuatan VR Cardboard
1. Lembaran Kardus (Usahakan yang tipis, tetapi cukup keras)
2. Lensa pembesar khusus untuk VR Heaset (Untuk uji coba, Bisa menggunakan kaca             pembesar standar, dengan ukuran diameter 4-5cm )
3. Magnet (Tidak harus ada)
4. Kertas
5. Double tip 
6. Printer
7. Pisau Cutter
8. Gunting 
9. Penggaris 
10. Velcro
11. Karet Gelang (bila diperlukan)

Cara Kerja VR(Virtual Reality) Cardboard
Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut, pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolahmerasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.

Fungsi Cardboard
Melalui aplikasi VR bawaan dari Google ini, kamu bisa menyaksikan video YouTube interaktif dengan pengalaman layaknya sedang berada di dalam bioskop, melihat sekeliling wilayah kota Paris lewat opsi street view, melakukan tur ke dalam istana Versailles, mengamati benda prasejarah secara 3D, serta beberapa hiburan interaktif virtual reality lainnya.
Untuk aspek gaming sendiri, penggunaan VR kit Google Cardboard masih belum didukung banyak aplikasi game yang sekiranya benar-benar menarik untuk membuatmu sibuk bermain dengan perangkat ini selama berjam-jam. Keberadaan game seperti Slender VR dan VR Run! sendiri terasa kurang begitu maksimal dimainkan karena salah satu tanganmu harus menahan beban Google Cardboard, dan tanganmu lainnya harus menggerakkan analog joystick dari Bluetooth controller yang kamu genggam. Kecuali kamu memodifikasi Google Cardboard agar bisa digunakan tanpa harus ditopang dengan tangan.

Terlepas dua aspek yang saya sebutkan tadi, Google Cardboard juga bisa kamu gunakan untuk mencicipi lusinan aplikasi visual interaktif yang lumayan untuk membuatmu terhibur dengan berbagai pengalaman virtual yang ditawarkannya. Mulai dari menaiki wahana roller coaster dalam Dive City Coaster, membuatmu merasa seolah-olah berada dalam game Shadowrun melalui Shadowgun VR, terjun bebas dari ketinggian gedung pencakar langit lewat VR high, dan berbagai macam aplikasi virtual lainnya yang bisa kamu cari sendiri di Play Store.



Video :




sumber :

https://id.techinasia.com/review-google-cardboard/
http://blog.indovr.com/2015/02/membuat-cardboard-vr.html
https://hurahara96.wordpress.com/2013/10/30/virtual-reality/
http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/27163/VR.ppt
http://justshareinfo.blogspot.co.id/2011/02/vrml-virtual-reality-modeling-language.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gojek VS Ojek Pangkalan/Konvensional

Produk Teknologi Kesehatan Terbaru