Fenomena Pergeseran Bahasa Indonesia di Era Global dan Implikasi Terhadap Pembelajaran

Tugas b.indo

Fenomena Pergeseran Bahasa Indonesia di Era Global dan Implikasi Terhadap Pembelajaran


Uraian Permasalahan
  1. Arus global tanpa kita sadari memang telah berimbas pada penggunaan dan keberadaan bahasa Indonesia di masyarakat. Penggunaan bahasa di dunia maya, internet, facebook misalnya, memberi banyak perubahan bagi sturktur bahasa Indonesia oleh beberapa pihak disinyalir merusak bahasa itu sendiri.
  2. Banyak orang Indonesia belajar dan menguasai bahasa asing dengan baik tetapi menguasai bahasa Indonesia itu, belajar dengan apa adanya. Terkait dengan itu, banyak orang Indonesia yang mempunyai bermacam-macam kamus bahasa asing tetapi tidak mempunyai satu pun kamus bahasa Indonesia.
  3. Situasi formal hanya benar-benar terjadi ketika sudah masuk dalam lingkungan kerja. hal ini membuat penggunaan bahasa informal lebih familiar dibandingkan penggunaan bahasa baku,sehingga dapat membuat bahasa indonesia itu sulit dikenal orang asing. Hal ini membuat kebanyakan orang asing salah mengartikan bahasa informal sebagai bahasa Indonesia.
  4. Perubahan bahasa dapat juga terjadi bukan hanya berupa pengembangan dan perluasan, melainkan berupa kemunduran sejalan dengan perubahan yang dialami masyarakat. Berbagai alasan sosial dan politis menyebabkan banyak orang meninggalkan bahasanya, atau tidak lagi menggunakan bahasa.
  5. Berbagai penyebab pergeseran pemakaian bahasa Indonesia, tidak hanya disebabkan oleh bahasa asing tetapi juga disebabkan oleh adanya interferensi bahasa daerah dan pengaruh bahasa gaul.
Implementasi Bahasa Indonesia di Era Global

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa era globalisasi yang ditandai dengan arus komunikasi yang begitu dahsyat menuntut para pengambil kebijakan di bidang bahasa, harus bekerja lebih keras untuk lebih menyempurnakan dan meningkatkan semua sektor yang berhubungan dengan masalah pembinaan bahasa. Melihat perkembangan bahasa Indonesia di dalam negeri yang cukup pesat, perkembangan di luar negeri pun sangat menggembirakan.

Kesimpulan

Sebagai salah satu warga masyarakat Indonesia, memang dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam era globalisasi ini sangat mempengaruhi keberadaan bahasa Indonesia itu sendiri. Namun demikian, apapun kemajuan teknologi yang ada seharusnya bisa kita manfaatkan dalam mempertahankan bahasa Indonesia. Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis ICT (Information, Communication and Technology) dan juga Pembelajaran Bahasa Berbasis Multikultur menjadi sangat penting untuk diterapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Virtual Reality (VR) Cardboard

Gojek VS Ojek Pangkalan/Konvensional

Produk Teknologi Kesehatan Terbaru