Teknologi Robotic Humanoid Yang Menirukan Perilaku Manusia


Robot humanoid merupakan alat mekanik yang struktur bentuknya mirip dengan tubuh manusia. Alat ini dibuat dan terus dikembangkan dari tahun ke tahun dan difungsikan sebagai obejek penelitian pada beberapa bidang ilmu. Kajian ini diperlukan untuk mengetahui struktur dan pola gerak manusia, namun alat ini juga memiliki fungsi lain yaitu dikembangkan dengan tujuan agar bisa berinteraksi dengan manusia. 

Perkembangan dunia robot terus melaju dan melahirkan inovasi-inovasi baru, tidak hanya muncul pada film-film fiksi ilmiah alat mekanik ini kini sudah diproduksi dan menjadi bagian dari industri teknologi. Ada beberapa jenis yang umum dikenal, pertama adalah jenis yang memiliki roda sebagai penggerak. Biasanya berfungsi memindahkan suatu barang ke barang lain dan sering disebut sebagai robot mobile.

Kedua adalah jenis manipulator, merupakan robot yang mereplika sesuatu untuk keperluan industri. Misalnya yang menyerupai lengan, kaki dan sejenis lainnya. Jenis yang ketiga adalah jenis robot humanoid, merupakan alat yang struktur bentuknya mirip dengan tubuh manusia, dan tentunya  lebih rumit dibandingkan dua varian lainnya. 

Jenis robot humanoid yang paling populer adalah ASIMO. Robot ini mulai diperkenalkan Honda pada awal tahun 2000-an, robot berwarna putih ini mampu berjalan dengan kedua kakinya dan gerak jalannya pun menyerupai manusia. Alat ini tampak seperti robot-robot yang ada pada film sci-fi yang terlihat futuristik dan modern. Seiring berjalannya waktu, banyak pula produksi robot sejenis yang dibuat, tiga di antaranya akan dibahas berikut ini. 

WABIAN-2R

Robot dengan nama lengkap Waseda Bipedal Humanoid-No 2 Refined ini memiliki desain yang futurisktik seperti halnya ASIMO. Yang menarik dari robot ini adalah kemiripan akan gerak kaki manusia normal yang begitu dekat. Robot yang dikembangkan oleh para peneliti di Humanoid Robotics Institute Universitas Waseda, Jepang ini mampu berjalan layaknya manusia. Prosesnya sangat mirip, mulai dari menapak dengan tumit secara perlahan-lahan.

Robot jenis ini memiliki berat sebesar 46 kilogram, saat melakukan tes berjalan robot ini hampir mirip langkah manusia. Durasi yang diperlukan untuk berjalan adalah 0,6 detik dengan perputaran kaki sekitar 12 derajat. Selain itu lebar jarak langkah  yang mampu dilakukan WABIAN-2R adalah 90 milimeter. Robot ini baru diperkenalkan di Jerman Juni 203 ini, tim pengembangnya sendiri mengklaim jika robot ini nantinya akan terus dikembangkan dan berencana membuat robot yang dapat berjalan layaknya langkah manusia.  

HRP-4c “Miimu”

Robot ini pertama kali diperkenalkan dua tahun lalu pada ajang Robot Exhibition di Tokyo. Robot ini memiliki kemampuan bernyanyi ataupun melakukan tarian layaknya manusia. Robot ini juga mampu melakukan kegiatan manusia seperti bekomunikasi, caranya dia akan mengidentifikasi suara dan nyanyian dengan sistem suara vokaloid. Kurang lebih HRP-4c “Miimu mampu melakukan nyanyian layaknya Hatsune Miku, artis virtual yang sangat terkenal di Jepang. 

Robot ini dikembangkan oleh para ilmuwan Jepang yang tergabung dalam AIST (National Institute of Advanced Industri Sains dan Technology). Fisiknya unik, kepalanya berbentuk seorang wanita yang identik  dengan selebritas Jepang pada umumnya. Sedangkan bagian leher sampai ke bagian bawah robot ini memiliki kostum layaknya pasukan luar angkasa dalam film fiksi ilmiah. Kostumnya yang berwarna perak pun terlihat sangat keren. Robot yang berukuran 158 cm dan berat 43 kg  masih terus dikembangkan sampai mencapai bentuk yang sempurna. 

Minami

Minami adalah robot yang dibuat dan dikembangkan oleh seorang ahli robot dari Universitas Osaka, Hiroshi Ishiguro. Robot ini berbentuk wanita berumur 26 tahunan dengan kostum layaknya manusia biasa. Jika dipandang dari jauh, robot ini terlihat seperti manusia, kemampuan Minami yang cukup menarik perhatian adalah kemampuan mengidentifikasi ekspresi wajah manusia. Selain itu, robot ini juga bisa membaca gerak-gerik manusia. Hal ini dapat dilakukan karena pada robot ini ditanam sebuah mikro kamera yang mampu memantau keadaan di sekitarnya. 

Robot yang mengusung konsep idola pop ini sering dipamerkan di tempat-tempat keramaian. Bahkan perkembangannya, Minami dapat menjawab pertanyaan dari orang yang berinteraksi dengannya. Meskipun tidak semua pertanyaan mampu ia jawab, namun hal ini merupakan sebuah inovasi yang cukup baik di abad ini. Minami terus dikembangkan oleh Hiroshi Ishiguro bersama dengan peneliti lain dari Advanced Telecommunications Research Institute International Kyoto, Jepang.

kemudian, Robot Tercanggih dan Terpintar di dunia yaitu :

Robot Titan



Robot dengan segudang teknologi canggih ini sudah tour di beberapa negara bahkan duet dengan artis dunia, robot titan merupakan salah satu Robot Tercanggih Di Dunia karena dapat berkomunikasi multi bahasa dan memiliki pergerakan yang halus seperti gerakan manusia.

Robot dengan tinggi sekitar 2 meter itu mampu menghibur masyarakat dunia dengan berbagai aksi dan pertunjukan anda pasti akan takjub melihat Video Robot tercanggih di dunia yang menakjubkan yang membuat semua orang tercengang akan kepintaran dan kecanggihannya.

King Robota




Robot selanjutnya yang termasuk Robot Tercanggih Di Dunia adalah King Robota, robot yang dikenal orang lucu dan ramah ini selalu membuat gembira para fansnya misalnya dengan mengajak berbicara, bernyanyi bahkan sambil memainkan gitar dengan piawainya.

King Robota merupakan Robot Tercanggih Di Dunia dengan besutan teknologi yang mumpuni sehingga mampu menghasilkan sebuah ciptaan robot yang hebat dengan gerakan yang lembut seperti memiliki perasaan saja.

Honda ASIMO


Perusahaan mobil tersohor asal negara Jepang ini tidak hanya mahir membuat mobil-mobil dengan teknologi canggih, namun juga canggih dalam membuat robot humanoid. Robot hasil karya terbaru  ilmuwan Honda jepang selama 30 tahun terakhir ini memang luar biasa, Honda ASIMO didesain khusus untuk membantu pekerjaan manusia, dan semakin hari kemampuannya semakin meningkat seperti berjalan, menuangkan air minum dan mengenali orang yang memerintahkan, bahkan bisa menaiki tangga dan membantu pekerjaan di kantor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Virtual Reality (VR) Cardboard

Gojek VS Ojek Pangkalan/Konvensional

Produk Teknologi Kesehatan Terbaru